ResumeRisetPasar

UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL 


NAMA : NANDA KURNIATI

NPM : 20323024

PRODI : TEKNIK INDUSTRI 

MATA KULIAH : PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI 


Resume Riset Pasar 

Penelitian pasar adalah suatu proses yang digunakan untuk mengumpulkan,

menganalisis, dan menginterpretasikan informasi tentang pasar dan konsumen.

Tujuannya adalah untuk memahami preferensi konsumen, perilaku pembelian, tren

pasar, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan bisnis. Berikut

beberapa informasi dasar tentang riset pasar di bawah ini. 


Tujuan Riset Pasar

Hasil dari riset pasar tidak bisa ditujukan sembarang, maka diperlukan tujuantujuan yang pasti agar riset pasar yang dijalani lebih efektif dan efisien.

• Mengidentifikasi peluang bisnis,

• Memahami kebutuhan dan preferensi konsumen,

• Mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran,

• Memantau pesaing dan tren pasar,

• Menilai potensi pasar untuk produk atau layanan baru,

Yang paling penting dalam tujuan riset pasar adalah identifikasi kebutuhan pasar yang

sesuai dengan kemampuan sistem industri yang dimiliki


Jenis Riset Pasar

• Riset Pasar Primer: Pengumpulan data langsung dari sumber asli, seperti survei,

wawancara, pengamatan, dan eksperimen.

• Riset Pasar Sekunder: Menggunakan data yang sudah ada, seperti laporan

industri, studi sebelumnya, atau data publik.


Metode Riset Pasar

• Survei: Pengumpulan data melalui kuesioner atau wawancara.

• Fokus Kelompok: Diskusi kelompok kecil konsumen untuk mendapatkan wawasan

mendalam.

• Pengamatan: Memantau perilaku konsumen langsung.

• Analisis Data Sekunder: Menganalisis data yang sudah ada.

• Eksperimen: Menilai dampak variabel tertentu pada perilaku konsumen.


Langkah - langkah Riset Pasar

• Menentukan tujuan dan pertanyaan penelitian.

• Mengembangkan rencana penelitian.

• Mengumpulkan data.

• Menganalisis data.

• Menarik kesimpulan dan membuat rekomendasi 


Manfaat Riset Pasar

• Mengurangi risiko bisnis.

• Meningkatkan pemahaman pasar.

• Membantu dalam pengambilan keputusan strategis.

• Meningkatkan efektivitas pemasaran.

• Memungkinkan penyesuaian produk atau layanan


Tantangan dalam Riset Pasar

• Biaya dan waktu yang dibutuhkan.

• Kesalahan dalam pengumpulan atau analisis data.

• Perubahan cepat dalam perilaku konsumen dan pasar.

• Persaingan yang ketat dalam industri riset pasar.

Riset pasar adalah alat penting bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi

pemasaran yang efektif, merancang produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan

pelanggan, dan mengidentifikasi peluang bisnis baru. Dengan pemahaman yang

mendalam tentang pasar dan konsumen, perusahaan dapat mengambil keputusan yang

lebih tepat dan berkelanjutan.


Riset pasar berdasarkan kebutuhan pasar

Dengan melakukan riset pasar, perusahaan atau brand bisa memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Memahami kebutuhan konsumen membantu bisnis menciptakan produk atau layanan yang sesuai harapan konsumen. Intinya, riset pasar membantu perusahaan atau bisnis mengumpulkan informasi penting dari target pasar. Ini bisa menghilangkan bias dan asumsi sehingga kamu bisa memahami sikap konsumen, adn membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan data.

Penepatan Pasar yang Disasarkan

Menetapkan pasar sasaran adalah keputusan perusahaan mengenai pasar manakah yang akan dilayani. mengembangkan ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang diinginkan. Penentuan posisi pasar bagi produk ataupun jasa suatu perusahaan sangat penting.

Proses Penciptaan Produk Baru

Proses pengembangan produk baru biasanya dibagi menjadi beberapa tahap, fase, atau langkah. Kegiatannya, mulai dari menyusun ide produk baru, meneliti, merencanakan, merancang, membuat prototipe, dan mengujinya, sebelum meluncurkannya ke pasar.

Produk yang Ramah Lingkungan

1. Sedotan Re-useable
2. Wadah tempat makan
3. Pembalut dari Kain atau Menstrual Cup
4. Loofah atau Gambas Kering
5. Tas belanja lipat 
6. Pencuci piring dari sabut kelapa 
7. Tumbler 
8. Sabun dan Shampo Bebas Karbon
9. Set alat makan 

Penggunaan Bahan Baku yang di Daur Ulang 

Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Limit dan Tata Cara Penerapannya di Bidang Informatika

Pengantar Ergonomi dan Sejarah Ergonomi

Metode Evaluasi Ergonomika & MIOS